Pages - Menu

Rabu, 28 November 2018

Tugas 4 Perbandingan Penggunaan Robot di 3 negara

ROBOT RESEPSIONIS JEPANG



Hotel Henn-na di Sasebo, Jepang. di Hotel tersebut memperkerjakan para robot - robot resepsionis serta 2 manusia asli. Robot - Robot itu akan menyambut tamu, mengangkat tas - tas, dan membersihkan kamar setelah tamu pergi.

Robot - Robot ini dilengkapi dengan wajah dan tubuh perempuan yang sangat realistis, robot ini dirancang untuk berbincang dalam sejumlah bahasa dan pertanyaan - pertanyaan tamu di hotel.
Tujuannya untuk memberikan pengalaman teknologi tinggi kepada tamu hotel. salah satu wujudnya ialah perangkat pengenalan wajah untuk membuka pintu sehingga tamu tidak perlu repot membuka pintu hotel sendiri.

ROBOT BEDAH KOREA SELATAN


Robot bedah yang sedang dikembangkan oleh para peneliti di korea selatan dan diimplementasikan di rumah sakit kyunghee, korea selatan ini bertugas untuk membantu para dokter dalam melakukan operasi tertentu, seperti operasi tumor ganas di organ hati.

Operasi itu memang membutuhkan tingkat keakuratan yang tinggi, sebab jika terjadi sedikit saja kesalahan sewaktu mengangkat tumor, bisa timbul komplikasi dan nyeri pada tubuh pasien. "Metode operasi semacam itu sebagian besar dilakukan lewat laparotomi (insisi di perut) karena merupakan prosedur yang sangat sulit.

Robot tersebut berfungsi membantu melakukan pembedahan sehingga kesalahan dalam melakukan sayatan dapat dikurangi. Maka, tingkat keberhasilan dalam operasi jauh lebih tinggi.

ROBOT INDUSTRI INDONESIA


Saat ini penerapan teknologi robot di Indonesia secara umum di bidang industri masih sangat terbatas dan disebabkan dua faktor yaitu tenaga ahli yang kurang dan biaya operasional yang mahal.


Perusahaan akan lebih memilih tenaga kerja manusia karena biayanya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan tenaga kerja dalam bentuk robot.

Sedangkan di indonesia sendiri dalam penggunaan teknologi baru bisa di implementasikan pada robot security yang bertugas untuk menjinakakan bom.

KESIMPULAN DARI KE 3 ROBOT DI BERBAGAI NEGARA

Melihat perkembangan zaman yang saat ini teknologi robot merupakan alternatif  di dunia. Penggunaan Robot di berbagai bidang yaitu Perhotelan, Medis dan Industri memang sangat dibutuhkan guna membantu pekerjaan akan lebih cepat selesai dan mengurangi resiko yang akan timbul. akan tetapi penggunaan robot untuk di era sekarang sangat membutuhkan biaya yang sangat fantastis untuk menerapkan robot-robot tersebut.

SUMBER :
https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/06/150602_bisnis_hotel_robot
https://www.kompasiana.com/adica.wirawan/5863288dfc22bd691bf6f70b/kiprah-robot-medis-di-rumah-sakit
http://kelasofah.ilearning.me/2016/04/10/perkembangan-robot-di-indonesia-vs-negara-maju/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar