Pages - Menu

Rabu, 10 April 2019

Peng Animasi dan Desain Grafis pert 2

TUGAS SOFTKILL
PENGANTAR ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS
“BIJAK TERHADAP SAMPAH”
NAMA : DIO ALDO
NPM : 1B118005


SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019





Judul               : Iklan layanan masyarakat “Bijak terhadap sampah”
Durasi              : 1:50
Creator             : Ananda Yulia

Adapun prinsip-prinsip animasi didalamnya, sebagai berikut :
1.      Anticipation
Anticipation adalah persiapan sebelum aksi, yang diikuti oleh sebuah aksi kemudian penyelesaian aksi tersebut. Hal ini dapat membangkitkan ketegangan atau kelucuan pada suatu aksi tertentu. Dalam prinsip animasi ini pada durasi 0.13 ditegaskan bagaimana bijak terhadap sampah sampai pada tahap berikutnya.

2.      Staging
Staging dapat mengarahkan perhatian audience pada cerita atau ide yang dibuat. Pementasan melibatkan tindakan pengaturan yang jelas dan meyakinkan. Memahami konsep di balik pementasan animasi akan membantu kita membuat semua yang diperlukan untuk berbicara dengan penonton. Dalam prinsip animasi ini pada durasi 0:22 sampai 0:55, ditegaskan bagaimana membedakan sampah organik dan anorganik serta manfaat dari hasil sampah organik dan anorganik seperti : Mainan hasil daur ulang dan Kerajinan tangan hasil daur ulang.

3.      Slow in and slow out
Pengaturan jarak/spasi antar gambar dalam inbetween, prinsip ini sangat berkaitan dengan prinsip timing. Pada saat suatu gerakan akan dimulai, kita bisa menempatkan gambar lebih banyak pada awal pose, satu atau dua di tengah dan beberapa gambar di akhir pose. Teknik “slow out” biasanya ditempatkan pada akhir suatu gerakan/pose dan “slow in” ditempatkan pada awal pose berkutnya. Dalam prinsip animasi ini pada durasi 1:23 sampai 1:30 terdapat jarak antar gambar satu dengan satu lainnya yang berjarak 7 detik dimana pada durasi tersebut, terdapat pemeritahuan bahwa mari kita semua bertindak bijak terhadap sampah serta menciptakan lingkungan indah & nyaman.
  
4.      Timing
Gambar yang jumlahnya banyak akan menghasilkan gerakan lambat dan halus. Gambar sedikit menghasilkan gerakan lebih cepat dan lebih kasar. Dalam prinsip animasi pada durasi 0.01 sampai 1:49 terdapat gambar gambar yang disatukan berdasarkan ukuran gambar masing masing bahwa ada gambar yang sangat banyak memakan banyak durasi, sebaliknya gambar yang kecil atau singkat memakan sedikit durasi.

5.      Solit Drawing
Prinsip-prinsip dasar menggambar bentuk, berat, soliditas volume dalam bentuk ilusi 3 dimensi. Cara menggambar kartun, menarik dalam arti klasik, dengan menggunakan sketsa pensil dan gambar untuk produksi animasi. Dalam prinsip animasi ini terdapat pada durasi 0:21 yang menggambarkan banyaknya gedung, mobil dan pohon awalan berupa sketsa dari pensil. Dan pada durasi 0:32 yang menggambarkan tumpukan sampah-sampah yang terbagi menjadi dua organic dan anorganik, serta gambar tulang ikan dan botol air mineral yang pada awalnya berupa sketsa dari pensil dan gambar untuk produksi animasi.


SUMBER :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar