TUGAS SOFTKILL
PENGANTAR ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS
“BIJAK TERHADAP SAMPAH”
NAMA : DIO ALDO
NPM : 1B118005
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019
Judul : Iklan layanan masyarakat “Bijak
terhadap sampah”
Durasi : 1:50
Creator : Ananda Yulia
Adapun prinsip-prinsip animasi didalamnya,
sebagai berikut :
1. Anticipation
Anticipation
adalah persiapan sebelum aksi, yang diikuti oleh sebuah aksi kemudian penyelesaian
aksi tersebut. Hal ini dapat membangkitkan ketegangan atau kelucuan pada suatu
aksi tertentu. Dalam prinsip animasi ini pada durasi 0.13 ditegaskan bagaimana
bijak terhadap sampah sampai pada tahap berikutnya.
2.
Staging
Staging
dapat mengarahkan perhatian audience pada cerita atau ide yang dibuat.
Pementasan melibatkan tindakan pengaturan yang jelas dan meyakinkan. Memahami
konsep di balik pementasan animasi akan membantu kita membuat semua yang diperlukan
untuk berbicara dengan penonton. Dalam prinsip animasi ini pada durasi 0:22
sampai 0:55, ditegaskan bagaimana membedakan sampah organik dan anorganik serta
manfaat dari hasil sampah organik dan anorganik seperti : Mainan hasil daur
ulang dan Kerajinan tangan hasil daur ulang.
3.
Slow
in and slow out
Pengaturan
jarak/spasi antar gambar dalam inbetween, prinsip ini sangat berkaitan dengan
prinsip timing. Pada saat suatu gerakan akan dimulai, kita bisa menempatkan
gambar lebih banyak pada awal pose, satu atau dua di tengah dan beberapa gambar
di akhir pose. Teknik “slow out” biasanya ditempatkan pada akhir suatu
gerakan/pose dan “slow in” ditempatkan pada awal pose berkutnya. Dalam prinsip
animasi ini pada durasi 1:23 sampai 1:30 terdapat jarak antar gambar satu
dengan satu lainnya yang berjarak 7 detik dimana pada durasi tersebut, terdapat
pemeritahuan bahwa mari kita semua bertindak bijak terhadap sampah serta
menciptakan lingkungan indah & nyaman.
4.
Timing
Gambar
yang jumlahnya banyak akan menghasilkan gerakan lambat dan halus. Gambar
sedikit menghasilkan gerakan lebih cepat dan lebih kasar. Dalam prinsip animasi
pada durasi 0.01 sampai 1:49 terdapat gambar gambar yang disatukan berdasarkan
ukuran gambar masing masing bahwa ada gambar yang sangat banyak memakan banyak
durasi, sebaliknya gambar yang kecil atau singkat memakan sedikit durasi.
5.
Solit
Drawing
Prinsip-prinsip
dasar menggambar bentuk, berat, soliditas volume dalam bentuk ilusi 3 dimensi.
Cara menggambar kartun, menarik dalam arti klasik, dengan menggunakan sketsa
pensil dan gambar untuk produksi animasi. Dalam prinsip animasi ini terdapat
pada durasi 0:21 yang menggambarkan banyaknya gedung, mobil dan pohon awalan
berupa sketsa dari pensil. Dan pada durasi 0:32 yang menggambarkan tumpukan sampah-sampah
yang terbagi menjadi dua organic dan anorganik, serta gambar tulang ikan dan
botol air mineral yang pada awalnya berupa sketsa dari pensil dan gambar untuk
produksi animasi.
SUMBER
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar