Pages - Menu

Rabu, 28 November 2018

Contoh Kegiatan Mahasiswa dalam Masyarakat

Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu
masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk
apapun. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang
ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya
dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Berikut akan dijelaskan contoh dari suatu kegiatan masyarakat oleh Mahasiswa Pecinta Alam (MAPA) Universitas Gunadarma dan Advent Peduli, menyelenggarakan Bakti Sosial di Desai Lingarmukti, Bogor. Moto kegiatan adalah “Mengabdi untuk Negeri dengan Menciptakan Pola Hidup Sehat”.

Rangkaian acara yang diadakan berupa cek darah, kolesterol, dan asam urat. Selain itu ada juga konsultasi kesehatan, terapi dan juga bermain bersama.

Kegiatan Bakti Sosial di selenggarakan selama 4 hari yakni pada 21-24 September 2017. Kegiatan diadakan berupa berbagai kegiatan berupa penyuluhan kesehatan, penyuluhan tentang sampah dan pengelolahannya, gaya hidup sehat, living house yaitu tinggal bersama di 10 rumah warga selama 3 hari.

Selain itu kegiatan juga meliputi pemberian sembako ke rumah-rumah warga yang ditempati, mengunjungi rumah warga untuk menangani keluhan penyakit seperti yang sudah didata. Selain itu, ada juga kegiatan bermain sambil belajar bersama anak-anak seperti memberikan pelajaran Bahasa Arab dan Inggris, seni musik angklung, dan juga seni dalam bernyani lagu daerah dari Jawa Barat. Kegiatan lain juga dilakukan yakni pemberian bingkisan berupa makanan dan alat tulis kepada anak-anak.

Acara semakin meriah dengan diselenggarakannya lomba games untuk anak anak. Dan penutupan acara dimeriahkan dengan penampilkan anak-anak bermain angklung, bernyanyi lagu daerah, pembagian hadiah pemenang lomba dan nonton film layar lebar bersama warga.

Kegiatan bakti sosial tersebut merupakan yang pertama kali diselenggarakan MAPA Gunadarma. Lokasi Desa Lingarmukti pun dipilih karena tempat tersebut menjadi tempat eksplorasi dan pemetaan 30 goa. Selain itu di tempat tersebut para warganya diperkirakan masih kurang pengetahuannya tentang pengelolaan sampah dan juga kurang pengetahuan mengenai kesehatan dan pola hidup sehat.

Kegiatan bakti sosial diadakan untuk memperingati 30 tahun MAPA Gunadarma. Selain itu bakti sosial juga bertujuan meningkatkan pengetahuan, bertujuan meningkatkan pengetahuan, mengenal Ilmu Speleologi, mengabdi kepada masyarakat dan meningkatkan pengetahuan tentang kawasan kars dan untuk melindungi dan menjaga kawasankras.

Antusiasme warga akan acara bakti sosial tersebut sangat besar. “Mereka senang mendapat pengetahuan tentang bagaimana hidup sehat juga apa arti kesehatan,

Sumber : http://ugnews.gunadarma.ac.id/2017/11/24/bakti-sosial-mapa-gunadarma/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar