Pages - Menu

Minggu, 09 Juni 2013

Cannabis Menghentikan Pertumbuhan Kanker Prostat

Bahan kimia aktif yang terdapat pada tanaman cannabis terbukti dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker prostat. Hasil penelitian tersebut diterbitkan oleh British Journal of Cancer.
Peneliti dari Universitas Alcala, Madrid menguji efek bahan kimia aktif yang terkandung pada tanaman ganja yang disebut cannabinoids pada tiga jenis sel kanker prostat yaitu PC-3, DU-A45 dan LNCaP. Sel-sel kanker prostat tersebut menempati ruang ‘garasi’ molekuler yang disebut reseptor yang mana cannabinoids membuatnya ‘parkir’ disana.
Para ilmuwan mengungkapkan jika cannabinoids ‘parkir’  pada reseptor yang disebut CB2, maka sel-sel kanker lainnya berhenti berkembang biak.
Namun Dr Lesley Walker, direktur informasi kanker Cancer Research UK mengingatkan para pasien kanker mengenai pengobatan dengan rokok ganja. Dia berkata: “Ini adalah penelitian menarik yang membuka jalan baru dengan mengeksplor ‘drugs’ sebagai target yang potensial. Tetapi penelitian ini baru pada tahap awal saja dan ini tidak ada hubungannya bahwa laki-laki dapat melawan kanker prostat dengan cara merokok ganja.”
Dr. Walker menambahkan: “Penelitian ini membuktikan bahwa sel-sel kanker prostat kemungkinan berhenti tumbuh jika mereka dipertemukan dengan bahan kimia yang terdapat pada tanaman ganja. Tetapi masih banyak hal yang harus dilakukan untuk mengeksplorasi potensi cannabinoids untuk pengobatan.”

Untuk membuktikan temuan ini para ilmuwan mematikan reseptor CB2 – atau ‘menutup pintu garasi’ pada sel prostat. Ketika cannabinoids ditambahkan ke sel tanpa reseptor CB2, sel-sel kanker prostat terus membelah dan tumbuh. Hal ini menunjukkan bahwa cannabinoids terhubung dengan reseptor CB2 pada sel kanker prostat untuk menghentikan pembelahan dan penyebaran sel.
Profesor Ines Diaz-Laviada, penulis literatur ilmiah dari Universitas Alcala mengatakan: “Penelitian kami ini menunjukkan adanya daerah di sekitar sel-sel kanker prostat yang dapat mengenali dan berbicara dengan bahan kimia yang ditemukan pada ganja yang disebut cannabinoids. Zat kimia tersebut dapat menghentikan pembagian dan pertumbuhan sel kanker prostat. Ini bisa menjadi target penelitian baru untuk menemukan obat yang potensial untuk mengatasi kanker prostat. ”

Kanker prostat adalah kanker yang paling umum dialami para pria di Inggris. Lebih dari 35.000 orang di UK terkena kanker ini setiap tahun. Seperempat dari seluruh kasus terbaru kanker yang terdiagnosa pada pria adalah kanker prostat. (cpt)

Sumber :
http://info.cancerresearchuk.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar